Melihat Langkah PKB Cak Imin

pkb_demokrat Meski hasil pemilu legislatif (pileg) secara resmi dari KPU baru berkisar 5% dari keseluruhan tetapi langkah PKB secara resmi langsung merapat ke SBY. Tentu ini bisa dipahami sebagai kepentingan pragmatis partai dibawah kepemimpinan Cak Imin yang ingin berporos pada kekuasaan dan mengingat daya tawar partai yang semakin rendah.

Jejak langkah partai ini memang sangat mudah diterka sedari awal konflik dengan Gus Dur. Pengurus yang sekarang memang pro SBY terlebih ada 2 menterinya di jajaran kabinet SBY. Yang disayangkan, nilai2 kepentingan partai yang diharapkan menjadi representasi perjuangan NU dalam politik sudah kabur. Semuanya pragmatis untuk elit partai dan sama sekali tidak ada pembelajaran politik kepada generasinya.

Gus Dur pun sebagai deklarator sudah dikesampingkan, padahal jasa untuk NU dan PKB sangat besar. Hasil pemilu 2009 ini merupakan bagian dari efek pengebirian jasa Gus Dur. Meski mempunyai akar massa yang real, tetapi jika sistem partai dan nilai2 kepentingan partai tidak dibenahi, maka tidak mungkin hasil pemilu berikutnya adalah setengah atau seperempat dari hasil pemilu kali ini. Dengan kata lain, jika tidak mau berubah, maka bersiaplah untuk hengkang dari senayan.

Sesungguhnya tidak ada partai besar tanpa tokoh besar. PKB telah mencabut stigma itu dan bersiaplah menjadi partai kecil.

Salam,
A. Maulana Ahmad al-Barbasy

(tulisan ini diadop dari tulisan pribadi penulis di facebook tanggal 15 April 2009) Link : KLIK INI


5 Tanggapan to “Melihat Langkah PKB Cak Imin”

  1. MUHSIN YUNSA Says:

    Seharusnya kita renungkan bersama apa yang terjadi dalam tubuh PKB setelah PKB meninggalkan Gusdur. saya takut ketika suatu partai telah melupakan Founding Father nya Maka partai tersebut akan sulit menjadi partai besar dan mengulang kejayaan karena sekarang sudah tidak mungkin mencari sosok tokoh yang tingkat ketokohannya melebihi Gusdur. Dan kita juga harus mempertanyakan kredibelitas cak Imin sebagai pimpinan partai. Idza Wusshidal Amru Ila ghoiri Ahlihi Fantadzirissa’ah

  2. pkb sekarang makin semrawut,kembalikan pkb yg dulu,singkirkan para penjilat jgn sampai menodai pkb lbh lama partai yg nota bene islam yg berhaluan dahdiyin.

  3. hafidnoeh Says:

    melihat hasil pileg 2009 yang lalu menandakan bahwa konsolidasi dan kaderisasi DPW/DPC yang ada disumatera selatan tidak berjalan dengan baik sebagimana yang diamanatkan oleh partai oleh karenanya untuk kepengurusan Partai kedepan hendankya kader yang sudah militan dan bisa berkoordinasi dengan baik dengan konstituen dan induk organisasi yang melihrkan, bukan karna orang yang bisa untuk memberi upeti kepada kader yang berada diatasnya (hafidznoeh Garda Bangsa Kota Lubuklinggau)

  4. Mungkin karena ada disorientasi sehingga apa yg tertuang mabda siyasi sebagai “ruh” yg begitu sublim hanya sekedar pajangan/etalase. tetapi, itulah pilihan, dan kita bebas mengapresiasi baik obyektif maupun subyektif…

  5. anang esbe Says:

    pkb tanpa gusdur, hampa.
    pada ga’ hormat ama gus dur pentholan pkb.
    malah gus dur di kuyo2.
    akankah pertanda pkb akan gulung tikar di 2014?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: